Jakarta, Mevin.ID – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat sebanyak 345.017 penumpang telah diberangkatkan dalam tiga hari pertama periode angkutan Lebaran Idulfitri 2025/1446 H, yaitu sejak 21 hingga 23 Maret 2025. Penumpang tersebut menggunakan layanan kereta api jarak jauh (KAJJ) maupun kereta api lokal (KAL).
Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, menyatakan bahwa antusiasme masyarakat terhadap moda transportasi kereta api sangat tinggi.
“Dalam tiga hari pertama, sebanyak 345.017 penumpang telah diberangkatkan. Ini mencerminkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan yang kami sediakan,” ujar Anne di Jakarta, Minggu (23/3/2025).
Kapasitas dan Penjualan Tiket
Untuk memenuhi kebutuhan transportasi selama periode angkutan Lebaran 2025 (21 Maret–11 April 2025), KAI menyediakan total kapasitas hingga 4.591.510 tempat duduk. Rinciannya:
- KA Jarak Jauh: 3.443.832 kursi.
- KA Lokal: 1.147.678 kursi.
Hingga 23 Maret 2025 pukul 07.00 WIB, total tiket yang terjual mencapai 2.621.676 tiket atau 57,52% dari total kapasitas. Rinciannya:
- KA Jarak Jauh: 2.468.296 tiket (72,10% okupansi).
- KA Lokal: 153.380 tiket (13,78% okupansi).
Anne menambahkan bahwa penjualan tiket KA Lokal cenderung meningkat mendekati hari keberangkatan karena pembelian yang bersifat spontan. “Kami optimis penjualan tiket KA Lokal akan terus bertumbuh seiring mendekatnya puncak arus mudik dan balik,” jelasnya.
Peningkatan Volume Penumpang
Pada 22 Maret 2025, volume penumpang yang diberangkatkan mencapai 174.461 orang, terdiri dari:
- KA Jarak Jauh: 146.524 penumpang.
- KA Lokal: 27.937 penumpang.
Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, realisasi ini mengalami peningkatan sebesar 42,45%. Secara kumulatif, dari 21 hingga 22 Maret 2025, total volume penumpang mencapai 345.017 orang, meningkat 20,59% dibandingkan periode yang sama di tahun 2024.
Kinerja KA Jarak Jauh
KAI mencatat bahwa kinerja KA Jarak Jauh telah melampaui target. Realisasi volume penumpang KAJJ mencapai 109,05% dari target yang ditetapkan.
“Kami terus berupaya memastikan perjalanan yang aman, nyaman, dan tepat waktu bagi seluruh pelanggan,” tegas Anne.
Imbauan kepada Penumpang
KAI mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan layanan online melalui aplikasi Access by KAI dan booking.kai.id untuk pembelian tiket dan informasi terkini. Dengan layanan ini, diharapkan proses pemesanan tiket menjadi lebih mudah dan efisien.***





















