Sempat Viral, KAI Pastikan Uji Coba Kereta SSNG di Terowongan Garahan sesuai SOP

- Redaksi

Sabtu, 11 Januari 2025

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Uji coba rangkaian kereta api baru jenis Stainless Steel New Generation (SSNG) yang sempat viral di media sosial kala memasuki terowongan. Foto : KAI

Uji coba rangkaian kereta api baru jenis Stainless Steel New Generation (SSNG) yang sempat viral di media sosial kala memasuki terowongan. Foto : KAI

Jakarta, Mevin. ID – PT Kereta Api Indonesia (KAI) menegaskan bahwa uji coba rangkaian kereta api baru jenis Stainless Steel New Generation (SSNG) telah terprogram dan terencana sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), khususnya untuk mengevaluasi aspek keselamatan (safety) di beberapa titik kritis, termasuk terowongan dan jembatan di lintas Jember – Banyuwangi.

Penegasan ini disampaikan EVP of Corporate Secretary KAI, Raden Agus Dwinanto Budiadji, menanggapi viralnya video berdurasi satu menit di media sosial pada Selasa, 7 Januari 2025, yang memperlihatkan kereta api berhenti setelah memasuki Terowongan Garahan, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

“Kejadian tersebut merupakan bagian dari uji coba rangkaian kereta api baru jenis SSNG. Uji coba dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu uji statis dan uji dinamis. Video yang viral tersebut merupakan bagian dari uji dinamis, di mana rangkaian kereta api bergerak perlahan sambil dilakukan pengukuran ruang bebas, khususnya di area terowongan,” jelas Agus pada Sabtu (11/1/2025).

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Uji coba ini merupakan implementasi SOP yang wajib dilalui. KAI menyadari bahwa dimensi kereta SSNG lebih besar dibandingkan kereta eksisting, sementara dimensi Terowongan Garahan lebih kecil dibandingkan terowongan lainnya.

Uji coba serupa akan segera dilakukan di Terowongan Sasaksaat di Daop 2 Bandung, yang dimensinya sedikit lebih besar dibandingkan Terowongan Garahan. Sebaliknya, kereta SSNG saat ini sudah dioperasikan melewati terowongan lain tanpa perlu uji coba, karena dimensi terowongan tersebut jauh lebih besar dibandingkan dimensi kereta, contohnya Terowongan Ijo di Daop 5 Purwokerto.

Agus menambahkan bahwa sebelumnya KAI juga pernah melakukan pengujian serupa untuk KA barang di Terowongan Garahan saat merencanakan operasional kereta kontainer jumbo. Namun, karena faktor keselamatan saat itu tidak terpenuhi, rencana tersebut disesuaikan.

Terkait spesifikasi sarana SSNG, secara keseluruhan sudah sesuai dan tidak ada masalah. Terdapat sedikit perbedaan dengan rangkaian stainless steel lama, yaitu ketinggian SSNG yang sedikit lebih tinggi sekitar 4,5 cm dibandingkan seri sebelumnya, sementara dimensi lainnya tetap sama.

“Oleh karena itu, pengujian dilakukan untuk memastikan operasionalnya aman dan sesuai dengan kondisi prasarana eksisting untuk memastikan operasionalnya sesuai dengan kaidah keselamatan,” tegas Agus.

Saat ini, KAI telah mengoperasikan 72 kereta New Generation dan 249 kereta SSNG untuk melayani penumpang, termasuk pada masa puncak Natal dan Tahun Baru 2024/2025.

Khusus di Daop 9 Jember, KAI terus menambah perjalanan kereta karena berdasarkan evaluasi, pertumbuhan jumlah penumpang di wilayah tersebut meningkat signifikan. Pada tahun 2022, Daop 9 melayani 2.064.079 penumpang, meningkat 36 persen pada 2023 menjadi 2.803.594 penumpang. Selama tahun 2024, Daop 9 mencatat kenaikan penumpang kembali sebesar 9 persen dibandingkan 2023, dengan melayani 3.061.320 penumpang.

Beberapa rangkaian baru juga direncanakan beroperasi di lintas timur Jawa (Surabaya–Jember–Banyuwangi), seperti KA Logawa (relasi Jember–Purwokerto), KA Pandalungan (relasi Jember–Gambir), serta kereta eksekutif pada KA Blambangan Ekspres.

Agus menegaskan bahwa seluruh sarana yang digunakan harus memenuhi kaidah keselamatan dan standar layanan untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan.

“Keselamatan adalah prioritas utama dalam setiap perjalanan kereta api. KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan standar keselamatan dengan pemeliharaan sarana dan prasarana yang optimal. Kami percaya kesiapan sarana dan prasarana adalah bagian terpenting dari operasional perjalanan kereta api,” tutup Agus. (*)

Penulis : Mardisoe

Follow WhatsApp Channel mevin.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow

Berita Terkait

Ketua Projo Jabar Kecam Framing Jahat Terhadap Menkominfo Budi Arie Terkait Judi Online
Ketua Projo Banten Desak Hentikan Tuduhan Tak Berdasar terhadap Budi Arie dalam Kasus Judi Online
JPPI Desak Gubernur Jabar Segera Lunasi Tebusan Ijazah Rp1,3 Triliun: 335 Ribu Siswa Terancam Putus Sekolah
Ribuan Massa Gelar Aksi Bela Palestina di Monas, Serukan Penghentian Genosida di Gaza
Nama Budi Arie Disebut dalam Dakwaan Kasus Judi Online, Sekjen Projo Minta Hentikan Framing Jahat
Jabar Tertib: Pemprov Gandeng Polda, Berlakukan Jam Malam untuk Pelajar dan Perketat Pengawasan
Siswa Sekolah Auliya Galang Rp1 Miliar untuk Bangun Sekolah di Gaza: Bukti Nyata Kepedulian Anak Bangsa
Tujuh Negara Eropa Bersatu Kecam Aksi Brutal Israel di Gaza: “Kami Tidak Akan Diam”

Berita Terkait

Minggu, 18 Mei 2025 - 20:53 WIB

Ketua Projo Jabar Kecam Framing Jahat Terhadap Menkominfo Budi Arie Terkait Judi Online

Minggu, 18 Mei 2025 - 16:13 WIB

Ketua Projo Banten Desak Hentikan Tuduhan Tak Berdasar terhadap Budi Arie dalam Kasus Judi Online

Minggu, 18 Mei 2025 - 16:09 WIB

JPPI Desak Gubernur Jabar Segera Lunasi Tebusan Ijazah Rp1,3 Triliun: 335 Ribu Siswa Terancam Putus Sekolah

Minggu, 18 Mei 2025 - 16:05 WIB

Ribuan Massa Gelar Aksi Bela Palestina di Monas, Serukan Penghentian Genosida di Gaza

Minggu, 18 Mei 2025 - 13:30 WIB

Nama Budi Arie Disebut dalam Dakwaan Kasus Judi Online, Sekjen Projo Minta Hentikan Framing Jahat

Berita Terbaru